Menu

Thursday, June 20, 2019

Tebu Telur (sikecil yang bermanfaat)

Hallo Brotha and sista…
Welcome back to my blog….
Baiklah, kali ini kita akan membahas mengenai tebu..
Siapa yang tidak kenal tebu????
Pasti kita kenal semua kan?? Nah, tapi kalau saya bilang Tebu Telur??? Apakah semuanya Kenal???
Belum tentu, karen diberbagai daerah, tanaman ini memiliki banyak nama….

Berdasarkan info adri wikipedi, Tebu telur (Saccharum spontaneum) atau disebut terubuk, dan tebu telor atau tiwuh endog adalah jenis sayur-sayuran yang mirip dengan tebu. Bagian tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai sayuran adalah pucuknya.Namun, bunganya juga dimanfaatkan sebagai sayuran. Tetapi, pucuknya kelihatan aneh karena begitu sudah dewasa, pucuknya tersebut membengkak. Begitu dikupas, ternyata tebu telur tersebut berisi semacam ekor yang berwarna putih kekuning-kuningan, seperti sekumpulan telur ikan. Karena itu, ia disebut tebu telur (ikan).

Saya pernah bermasalah pada saat menerangkan tanaman ini pada kolega saya yang berasal dari daerah Sumatra barat, ternyata meraka tidak kenal dengan istilah yang saya gunaka yakni tobu tolu (Bahasa ocu), pada saat saya bilang telu telor juga mereka masih kurang paham. Akhirnya pada saat saya tampilkan gambarnya, baru mereka paham. Bahka ada kolega saya yang tidak kenal sama sekali denga tanaman yang satu ini.

Baiklah, kita akan mulai coba membahas tanaman ini. Tanaman tebu telur ini termasuk kedalam jenis bunga tapi, bentuknya sama dengan tanaman tebu yaitu memiliki batang yang beruas-ruas dan warna batangnya hijau kemerahan. Di beberapa daerah seperti Jawa Barat dan Banten , terubuk dikenal dengan nama tiwu endog atau terubus, sedangkan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur dikenal dengan tebu endog atau tebu terubuk. Sebutan endog atau telur dikarenakan pada tanaman ini bagian yang dimakan ini teksturnya mirip dengan telur ikan.

Meskipun sayuran ini termasuk yang kurang terkenal dikalangan perkotaan, saya pernah melihat harga untuk sepiring kecilnya di sebuah stasiun televise yang meliput tentang kuliner yaitu sekitar Rp. 45.000,- hanya sayurnya saja. Belum dengan lauk pauk yang lain…. WWaaaaa……………………..
selain itu, ternyata tanaman ini memiliki banyak hal yang tersembunyi. Berdasarkan info dari
https://www.khasiat.co.id/sayur/terubus.html ternyata tanaman ini memiliki banyak khasiat. Bisa dilihat dari hasil screen capture di bawah ini:


Untuk metode hingga panen tebu telur, bisa dilihat dividio dibawah ini…

Terimakasih sudah membaca artikel saya, semoga ilmu yang didapat bermanfaat...
jangan lupa untuk berbagi, karena berbagi satu ilmu sama dengan kewajiban....

No comments:

Post a Comment